Saturday, March 2, 2013

Nexus One Android di Luar Angkasa


Tak sekadar berfungsi sebagai alat komunikasi dan gaya hidup, ponsel pintar kini difungsikan sebagai alat bantu pengumpul data di luar angkasa.

Adalah ponsel Android Nexus One yang berhasil dikirimkan ke luar angkasa. Menumpang sebuah satelit mini PhoneSat bernama STRaND-1, Nexus One akan bertugas untuk mengambil gambar bumi dari luar angkasa dan mengumpulkan data dari satelit.


Dikutip dari Engadget, Jumat (1/3/2013), STRaND-1 merupakan nano-satellite dalam program PhoneSat pertama di dunia yang berhasil masuk ke orbit bumi.


Untuk menjalankan tugasnya itu, Nexus One besutan HTC dan Google ini sudah diuji di berbagai suhu untuk meyakinkan agar produk tersebut tidak meleleh saat tiba di orbit bumi. Pengambilan gambar dilakukan dengan memanfaatkan kamera dari ponsel tersebut dan juga sebuah aplikasi bernama 360. Hasil dari pengambilan gambar tersebut nantinya juga akan dikirim ke bumi.


Tidak hanya itu saja, bagi orang yang berminat, dapat meminta satelit tersebut mengambil gambar bagian tertentu di luar angkasa. Sayangnya, belum ada detil mengenai kesempatan menarik tersebut.

Selain perangkat ponsel, satelit ini terdiri dari komponen pengatur sistem orbit, dua tenaga penggerak, dan komputer berbasis Linux yang dilengkapi prosesor "kecepatan tinggi".


PhoneSat sendiri sebenarnya adalah proyek buatan NASA. Dalam proyek ini, NASA ingin membuat sebuah satelit ruang angkasa yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan ditenagai oleh sebuah telepon seluler (ponsel).


Sedangkan satelit STRaND-1 ini dibuat oleh perusahaan bernama Surrey Satellite Technology yang bekerja sama dengan University Surrey Soace Center.



0 comments:

Artikel