Wednesday, March 6, 2013

Kamera Saku dengan Sensor DSLR: Nikon Coolpix A



Selama ini kamera saku sulit menyamai kualitas tangkapan gambar kamera DSLR. Salah satu penyebabnya adalah perbedaan ukuran sensor di mana sensor DSLR yang secara fisik lebih besar mampu menghasilkan rentang tonal warna (dynamic range) yang lebih kaya, di samping memiliki performa low-light yang lebih baik.

Nah, belakangan muncul trend memperbersar ukuran sensor untuk meningkatkan kualitas foto kamera saku. Mungkin Anda masih ingat dengan RX1 dari Sony? Nikon sebagai salah satu pemain terbesar di industri ini pun tak mau ketinggalan. Pabrikan asal Jepang tersebut memperkenalkan Coolpix A, kamera saku dengan sensor APS-C ber-resolusi 16,2 megapixel.

Sensor APS-C yang biasa digunakan di kamera DSLR memiliki ukuran fisik 23 x 15 mm, jauh lebih besar dibandingkan sensor kamera saku yang biasanya hanya sebesar kuku jari kelingking. Karena itulah, Nikon berani mengklaim kualitas foto Coolpix A setara dengan kamera DSLR.













Bagian muka kamera ini pun ditambahi badge "DX" (istilah Nikon untuk ukuran sensor APS-C), menandai ukuran sensor yang tertanam di dalamnya.

Di depan sensor besar Coolpix A, Nikon menempatkan lensa fixed 18,5 mm (ekuivalen 28 mm, standar full-frame) dengan bukaan f/2.8. Lensa tersebut bisa dipasangi filter berdiameter 46 mm melalui adapter opsional.

Coolpix A memiliki rentang sensitivitas ISO 100 s.d. 25600. Tangkapan gambarnya bisa disimpan dalam format RAW 12 atau 14 bit. Ingin menangkap sekuens gerakan cepat? Coolpix A memiliki burst rate 4 frame per detik.















Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur ala DSLR lainnya, seperti hot-shoe yang kompatibel dengan i-TTL untuk digunakan bersama unit flash SpeedLight. Ada pula ring fokus manual dan exposure mode dial PSAM standar.


photo of woman in a coffee shop taken in low light and comparison inset of DX CMOS sensor size compared to a smaller compact size sensor

Tertarik? Bersiaplah merogoh kocek sebesar 1,100 dollar AS atau sekitar Rp 10,5 juta untuk membeli kamera Coolpix A saat sudah memasuki pasaran pada akhir bulan Maret nanti. Ada dua opsi warna yang bisa dipilih: hitam dan silver.

Untuk mereka yang berminat, turut tersedia aksesori viewfinder optik yang bisa dibeli seharga 450 dollar AS.

Selain Coolpix A, Nikon juga memperkenalkan tiga kamera compact lainnya, yaitu Coolpix P330, S3500 dan L320.



Sumber

0 comments:

Artikel