Sunday, March 3, 2013

Cara Memilih iPhone dari Storagenya


Sejak awal peluncurannya pada tahun 2007 yang lalu, Apple selalu memberikan beberapa pilihan kapasitas untuk perangkat iPhone-nya. iPhone generasi pertama hanya memiliki dua pilihan kapasitas, yaitu 8GB dan 16GB. Sedangkan pada iPhone generasi paling anyar, iPhone 5, Apple sudah memberikan tiga pilihan kapasitas, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan spesifikasi di antara tiga pilihan kapasitas tersebut. Namun, ketiganya memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Di Indonesia sendiri, setiap model memiliki perbedaan harga sebesar Rp 1 juta. Mari kita ambil contoh dari iPhone 5 yang dibundling dengan operator XL. iPhone 5 16GB dijual dengan harga Rp 8 juta, 32GB dengan Rp 8 juta, dan 64 GB dengan Rp 10 juta.

Perbedaan harga yang cukup besar ini diketahui sering membuat calon pembeli bingung. Banyak yang bertanya-tanya, apakah sebaiknya membeli iPhone dengan kapasitas terbesar, 64GB? Atau, apakah iPhone 5 16GB sudah cukup?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya tidak ada jawaban yang benar-benar pasti. Tidak ada yang benar-benar bisa memberitahukan produk dengan kapasitas mana yang paling cocok sampai Anda mencoba semua model tersebut dan mengetahui kapasitas yang dibutuhkan melalui proses trial and error.

Jadi, bagaimana cara memilih kapasitas yang paling cocok? Berikut beberapa acuan untuk menentukan iPhone dengan kapasitas mana yang terbaik untuk Anda.

1. Berapa banyak file musik yang ingin Anda simpan?

Kebanyakan pengguna yang menggunakan iPhone sebagai alat pemutar musik digital. Agar dapat dengan mudah mengakses musik tersebut setiap saat, para pengguna kebanyakan menyimpan file musik langsung di perangkat.

Berapa banyak musik yang dapat disimpan dalam setiap 1GB? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita membuat sebuah asumsi. Untuk sebuah file musik dengan durasi 4 menit, biasanya memiliki ukuran sebesar 4MB. Jadi, satu gigabyte dalam tiap perangkat dapat menyimpan sekitar 250 file musik.

Sebagai catatan, ini bukan asumsi yang benar-benar tepat karena banyak file musik memiliki ukuran lebih besar atau lebih kecil dari 4MB. Walaupun begitu, kalkulasi tersebut dapat memberikan sedikit gambaran seberapa banyak lagu yang bisa disimpan dalam kapasitas 1GB.

Ada cara yang bisa dengan tepat memberikan gambaran mengenai besaran file yang dibutuhkan. Pengguna bisa membuat terlebih dahulu daftar musik yang ingin dimasukkan ke ponsel melalui iTunes. Setelah selesai, secara otomatis iTunes akan memberikan jumlah besaran file dari daftar lagu tersebut.

Apabila daftar lagi tersebut ternyata memiliki ukuran lebih besar dari 10GB, sebaiknya pengguna memilih iPhone dengan kapasitas 16GB ke atas.

2. Berapa banyak foto yang ingin Anda simpan?

iPhone 5 memiliki kamera dengan sensor gambar sebesar 8 megapiksel. Gambar yang dihasilkan pun terkenal cukup baik. Oleh karena itu, diyakini para pengguna akan banyak mengambil foto dan video menggunakan kamera tersebut.

Tidak ada cara yang akurat untuk menentukan besaran file foto yang diambil menggunakan iPhone. Namun, mari kita kembali membuat asumsi.

Sebuah foto yang diambil menggunakan iPhone 5 biasanya memiliki ukuran hingga 2,3MB atau sekitar 435 foto setiap gigabyte dalam iPhone.

Angka tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak sehingga iPhone berkapasitas 16GB dianggap cukup untuk menyimpan puluhan ribu foto. Konsumen pun sebenarnya dapat melakukan back up foto ke aplikasi berbasis komputasi awan, seperti Flickr, Google Drive, atau Dropbox. Setelah selesai di-back up, pengguna dapat menghapus foto yang ada di iPhone dan media penyimpanan akan kembali "lega".

Video membutuhkan space yang lebih besar dari foto. Video dengan durasi 1 menit biasanya memiliki ukuran file sebesar 180MB. Jika Anda ingin banyak mengambil video, sebaiknya memilih iPhone dengan kapasitas lebih besar.

3. Berapa banyak aplikasi yang ingin Anda unduh?

Semua aplikasi umum, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube, memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar. Sebagai contoh, Facebook memiliki ukuran 19MB, Twitter 10MB, dan Google Maps 6,7MB.

Namun, ukuran tersebut akan terus berkembang apabila sering digunakan. Sebagai contoh, ukuran file aplikasi Twitter bisa berkembang menjadi 339MB setelah 1 tahun dipakai. Hal tersebut dapat terjadi karena aplikasi ini menyimpan data-data, seperti foto yang ada di timeline.

Aplikasi-aplikasi dengan grafis tinggi, seperti game, biasanya memiliki ukuran file yang lebih besar.

Kesimpulannya, jika Anda ingin menyimpan banyak file musik, lagu, video, dan aplikasi dalam iPhone, sebaiknya pilihlah kapasitas besar, yaitu antara 32GB dan 64GB.

Namun, jika Anda hanya sering browsing dan membaca email melalui ponsel tersebut, pilihlah iPhone dengan kapasitas terkecil, 16GB.

0 comments:

Artikel